Contact us
  • Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166
  • masjidagungjawatengah@gmail.com
  • +6282134970000

Get Update

home MAJT News

MAJT News

16-May-2024

MAJT Dicanangkan Jadi Kawasan Bertaraf Internasional, Dilengkapi Sarana Prasarana Manasik Haji

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah titik kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dicanangkan akan ditata ulang guna memperindah keberadaan masjid yang diproyeksikan bertaraf internasional tersebut.

Beberapa titik di kawasan MAJT yang rencananya akan ditata ulang itu meliputi, melengkapi sarana-prasana manasik haji.

Seperti pembuatan miniatur shofa, miniatur Jabal Rahmah, miniatur Jamarat Aqobah, Wustho, Ula di MAJT.

Selain itu, kawasan MAJT ini juga akan diperkuat dengan penataan ruang terbuka hijau untuk menambah keasrian dan kealamiahan lingkungan.

Pencanangan itu muncul di acara forum group discussion (FGD) yang yang digelar pengelola MAJT.

"Prinsipnya rebranding MAJT secara fisik tidak mengubah desain awal, tapi hanya memberikan sentuhan baru, sehingga maruah atau kesakralan masjid tetap terjaga," kata Sekretaris MAJT KH Muhyiddin, Rabu Agustus 2023.

Sejumlah pakar baik dari internal MAJT maupun eksternal dihadirkan dalam FGD Rebranding MAJT untuk memberikan pandangan.

Seperti akademisi Undip Ir H Indriastjario, M.Eng, konseptor pembaharuan letle mecca MAJT, Ir H Soeparno, pemrakarsa dan pengawas pembangunan MAJT di masa awal-awal, Ir Sigit Krido Haryono, dan lainnya.

Selain para pakar, sejumlah tokoh juga hadir dalam FGD Rebranding MAJT 2023, seperti KH Ali Mufiz, KH Hanief Ismail, H Istajib AS, Isdianto Isman.

Selanjutnya H Eman Sulaeman, Dr KH Syaefuddin, Prof Dr KH Nur Khoirin, Ir H Fanani dan masih banyak lainnya.

Menurut Kiai Muhyiddin sebagai destinasi wisata religi bertaraf internasional, pembenahan kawasan MAJT menjadi hal penting yang sarat dengan situs penting dan bersejarah.

www.suaramerdeka.com



Share: