Sesepuh Yanbu’ul Qur’an Kudus Restui Pesantren Tahfidh MAJT-Baznas

  • 0

Sesepuh Yanbu’ul Qur’an Kudus Restui Pesantren Tahfidh MAJT-Baznas

Dua sesepuh Pesantren Yanbu’ul Qur’an, Kudus, yang dikenal sebagai pesantren penghafal Al-Qur’an terkemuka di Indoneia, KH M Ulin Nuha Arwani Al-Hafidz dan KH M Ulil Albab Arwani Al-Hafidz merestui bakal berdirinya Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)-Baznas Jawa Tengah.

“Beliau berdua tidak sekadar merestui, tetapi juga mendoakan semoga Pesantren yang akan diresmikan pada 2 Januari 2023, bermanfaat bagi masyarakat Jawa Tengah. Seiring, lulusannya dipersiapkan untuk menjadi imam-imam masjid agung di Jawa Tengah serta dikader untuk cakap dan cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan keumatan,” kata Ketua PP MAJT Prof Dr KH Noor Ahmad, MA kepada pers, Selasa (20/12/2022).

Prof Noor Ahmad didampingi Sekretaris Drs KH Muhyiddin, Wakil Sekretaris Drs H Istajib AS, serta para calon pengelola pesantren MAJT-Baznas, menjelaskan, untuk kali kedua, pihaknya pada Minggu (18/12/2022), sowan kepada kedua putra pendiri Pesantren Yanbu’ul Qur’an, Kudus, Hardratussyaikh KH M Arwani Amin.

Kiai Ulin Nuha Arwani Al-Hafidz dan Kiai Ulil Albab Arwani Al-Hafidz mempersilakan pula bila Pesantren MAJT-Baznas Jawa Tengah akan diposisikan sebagai perwakilan dari Pesantren Yanbu’ul Qur’an, Kudus. “Keduanya merasa bangga atas pendirian pesantren ini, karena sangat percaya dengan reputasi MAJT dan Baznas Jawa Tengah,” tambahnya.

Pada tahun pertama, pesantren masih mengalokasikan 35 santri, atas dasar rekomendasi Baznas kabupaten/kota, masing-masing mengirim 1 santri. Bila ada Baznas daerah yang belum siap, maka pesantren akan menutup kekurangan dengan menghadirkan santri mandiri.

Syarat santri antara lain, pria, lulus SLTA, umur antara 18-24 tahun, memiliki minat tinggi untuk menghafal Al-Qur’an, diutamakan yang sudah hafalan minimal 1 juz. Seleksi dilakukan Baznas kabupaten/kota.

Dalam kerja sama ini, kewajiban MAJT menyediakan sarana dan prasarana pesantren yang representatif dan menyediakan tenaga pengajar tahfidz yang bereputasi internasional serta menyediakan SDM pengelola yang profesioinal.

Kewajiban Baznas Provinsi Jawa Tengah, berkontribusi berupa anggaran untuk operasional pesantren sebesar Rp 30.000.000 per bulan, sedangkan kewajiban Baznas daerah mengirim minimal seorang santri dan memberi beasiswa Rp 2.000.000 per bulan sebagai uang saku dan biaya hidup santri yang dikirim.

Menyinggung sistem pembelajaran, Prof Noor Achmad menjelaskan, menggunakan standar kefasihan dan berkiblat pada Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus.

Metode pengajarannya, setiap santri wajib setor hafalan (ziyadah), murajaah kepada semua pengasuh. Pembelajaran tajwid berupa teori dan praktek. Diajarkan pula tahsin tilawah, berupa pembacaan Al-Qur’an dengan indah dan menarik.

Para pengelola dan pengampu Pesantren, Dewan Pensihat terdiri Dr KH Ahmad Darodji, MSi, KH. M. Ulin Nuha Arwani Al-Hafidz, KH Ulil Albab Arwani Al-Hafidz, Prof Dr KH Noor Achmad, MA.

Pengasuh hafalan Al-Qur’an, terdiri para Imam MAJT. Antara lain KH. Ulil Abshor Al-Hafidz,  KH Zaenuri Ahmad Al-Hafidz (dan KH Abdul Faqih Al-Hafidz, ketiganya bereputasi sebagai juara 1 Musabaqoh Hafidz Quran 30 juz tingkat internasional, di tahun berbeda, termasuk KH M Rokhani, muazin MAJT, penyandang juara pertama Qori’ tingkat Asean akan menjadi pengajar Tahsinul Qiro’ah.

Sejumlah kiai sepuh juga disiapkan untuk mengampu pendalaman kitab kuning, seperti KH Dzikron Abdillah, KH Kharis Shodaqoh, KH Hanief Ismail, Lc dan KH Shodiq Hamzah, KH Achmad Hadlor Ikhsan, KH Muhyiddin dan lainnya.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Testimonials

Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang menjadi momentum sejarah yang penting bagi masyarakat muslim Semarang. Momentum kembalinya banda wakaf tersebut menjadi titik klimaks perjuangan masyarakat muslim semarang dalam menyelesaikan masalah yang sebenarnya telah muncul sejak tahun 1980.Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang tersebut inilah yang menjadi latar belakang sejarah pendirian Masjid Agung Jawa Tengah.
DPP MAJTSAMBIREJO

Radio DAIS

053673
Users Today : 33
Users Yesterday : 19
This Month : 837
This Year : 837
Total Users : 43673
Views Today : 63
Total views : 102996
Who's Online : 2
Your IP Address : 185.191.171.15
Server Time : 2023-01-31
0 0