Puncak Peringatan HSN 2022 di MAJT Lebih Semarak

  • 0

Puncak Peringatan HSN 2022 di MAJT Lebih Semarak

SEMARANG – Momentum Hari Santri Nasional (HSN) adalah sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sejak ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 22 Oktober 2015, pada hakikatnya adalah perjuangan santri yang dipimpin oleh para ulama dalam rangka usaha perjuangan mempertahankan NKRI yang merdeka dan berdaulat.

”Berbagai kegiatan telah dilakukan MAJT dalam rangka memperingati HSN 2022, di antaranya seminar entrepreneur pemberdayaan santri di era digital di TVKU, ziarah ke makam pejuang jihad fisabilillah Buntet Cirebon dan Pemalang, pengajian akbar dengan menghadirkan Wakil Ketua Umum PBNU, KH Zulfa Musthofa, dan puncaknya upacara HSN. Inilah sebagai bentuk menguri-uri budaya perjuangan para santri,” ujar KH Ali Mufiz saat menjadi inspektur upacara HSN di MAJT, Sabtu (22/10).

Sesepuh MAJT ini menambahkan, pendidikan para santri tidak dimiliki oleh sebagian kelompok yang lain, karena selain memperdalam agama anak-anak di pondok pesantren  ditempa untuk mengembangkan potensi diri yang berakhlak dan bermartabat.

”Begitu pentingnya perjuangan para ulama dan santri sejak tahun 1945, maka HSN ini menjadi sangat penting untuk diperingati. Itulah sebabnya MAJT melakukan berbagai kegiatan serangkaian HSN,” ujar KH Ali Mufiz.

Upacara Hari Santri Nasional 2022 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terasa lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berbagai atraksi yang mendebarkan dan menarik perhatian bisa disaksikan para peserta upacara usai pelaksanaan upacara HSN 2022 di halaman depan masjid kebanggaan warga Jateng tersebut.

Sejumlah atraksi diperankan oleh personel Patriot Garuda Nusantara (PGN), di antaranya menaiki tangga berjeruji samurai, menembak balon dan mengendarai motor dengan mata tertutup, menggulingkan badan di atas serpian kaca, atraksi personel PGN ditabrak motor besar, dan atraksi menarik lainnya.

Selain berbagai atraksi dari PGN juga digelar formasi baris berbaris yang diperankan oleh pasukan pengibar bendera dari Remaja Masjid Agung Jateng (RISMA JT), hiburan musik qasidah modern, dan marching band dari PGN.

Para santri peserta upacara HSN berasal dari berbagai pondok pesantren di Kota Semarang, di antaranya Ponpes Al Islah Mangkang, santri Life Skill Daarun Najaah, santri Asy Syarifah dan Futuhiyah Mranggen, santri Soko Tunggal, MTs Negeri 1 Semarang, MAN 2 Semarang, Banser NU, Pegawai MAJT, RISMA JT, PGN Jateng, FKPPI, anggota TNI dari Kodim 0733 Semarang, dan dua ponpes dari Wonosobo, yakni Miftahul Huda dan Nurul Chusna dari Wonosobo.

Selaku Komandan Upacara Ketua Umum PGN, Gus Iwan Cahyono mengakui, pelaksanaan uacara HSN di MAJT berjalan khidmat dan lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. ”Alhamdulillah lancar, meski pada saat latihan terkendala cuaca karena belakangan ini  Semarang sering hujan,” ujar Gus Iwan.

Demikian juga H Istajib yang didapuk sebagai pembaca resolusi jihad. Dengan suara lantang penuh semangat sambil mengepalkan kedua tangan, pembacaan resolusi jihad mampu menggetarkan semangat para santri peserta upacara. ”Pembacaan resolusi jihad, tidak seperti membaca teks Pancasila, sehingga saya modifikasi biar lebih semangat,” ujar Istajib.

Ketua Pelaksana HSN MAJT, H Isdiyanto Isman menyampaikan terima kasih kepada para peserta upacara dari berbagai pondok pesantren di Kota Semarang dan Wonosobo. Pelaksanaan puncak HSN kali ini lebih disuguhkan lebih menarik dan full hiburan. ”HSN tahun 2022 ini sengaja dirancang semenarik mungkin, diharapkan bisa memberikan hiburan bagi para santri dan peserta upacara,” ujar Isdiyanto.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Testimonials

Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang menjadi momentum sejarah yang penting bagi masyarakat muslim Semarang. Momentum kembalinya banda wakaf tersebut menjadi titik klimaks perjuangan masyarakat muslim semarang dalam menyelesaikan masalah yang sebenarnya telah muncul sejak tahun 1980.Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang tersebut inilah yang menjadi latar belakang sejarah pendirian Masjid Agung Jawa Tengah.
DPP MAJTSAMBIREJO

Radio DAIS

052129
Users Today : 51
Users Yesterday : 47
This Month : 364
This Year : 7314
Total Users : 42129
Views Today : 107
Total views : 99557
Who's Online : 1
Your IP Address : 40.77.167.9
Server Time : 2022-12-09
0 0