MAJT Menjadi Rujukan Pemkab Banyumas Bangun Masjid Agung dan Islamic Center

  • 0

MAJT Menjadi Rujukan Pemkab Banyumas Bangun Masjid Agung dan Islamic Center

SEMARANG (5/9), Pemerintah Banyumas lakukan kunjungan Study Banding ke MAJT guna melakukan persiapan dan perencanaan pembangunan Masjid dan Islamic Center di lahan seluas enam hectare. Bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), NU dan Muhammadiyah persiapan perencanaan pembangunan Masjid dan Islamic Center meminta masukkan dan nasehat dari Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah.
Hal itu disampaikan Kabag Kesra Sekda Kabuaten Banyumas Fatikhul Ikhsan saat melakukan studi banding ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang. Selain Kabag Kesra, rombongan studi banding sebanyak 14 orang terdiri Ketua MUI KH Tefur Arofat, Kepala Kantor Kemenag Akhsin Aedy Fanani, Ketua Baznas HA Umar, Kasubag TU Kan Kemenag Ibnu Asadudin, Kepala Dinas PU, Sekdin Perkim, Kasubag Perencanaan dan Keuangan BKD, Kasubag Keuangan Setda dan lain-lain.
Mereka diterima Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT Drs H Muhyiddin MAg dan Ketua Dewan Penasehat Drs H Ali Mufiz MPA. ‘’Kami mohon doa restu agar cita-cita Pemkab Banyumas membangun Islamic Center lengkap dengan bangunan masjid megah, perkantoran Ormas Islam dengan segala pendukungnya bisa terwujud,’’ kata Ketua MUI Banyumas KH Tefur Arofat.
Fatikhul menjelaskan, masjid dan Islamic Center seluas enam hektare tersebut nantinya juga akan dimanfaatkan untuk perkantoran MUI, Baznas, FKUB dan lain-lain. ‘’Lahan yang dipakai adalah milik Pemkab nantinya juga akan dipergunakan untuk perkantoran terintegrasi. Kini sedang dibentuk Badan Hukum Pengelola Masjid Agung dan Islamic Center dan direncanakan tahun 2021 proses pembangunan akan dimulai,’’ katanya.
Lokasinya terletak di Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat. Saat ini sedang dibuat jalan baru dari depan SMPN 1 Purwokerto tembus ke Jalan Gerilya.
Aspek Ekonomi
Ketua Dewan Penasehat MAJT Drs H Ali Mufiz MPA menyambut gembira rencana Pemkab Banyumas membangun masjid, Islamic Center dan perkantoran terpadu.
Gubernur Jateng 2007-2008 itu mengingatkan, agar dalam perencanaan disertakan bangunan-bangunan yang bernilai ibadah juga bangunan bernilai ekonomi atau komersial. Bangunan komersial bisa berupa pertokoan yang bisa disewakan, koperasi, poliklinik, guest house, gedung pertemuan untuk resepsi pernikahan dan lain-lain.
‘’Ketika Gubernur Jateng H Mardiyanto membangun Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) sudah disiapkan bangunan convention hall, hotel Graha Agung, menara Al-Husna, area parkir yang memadai dan lain-lain sehingga masjid punya pemasukan dana untuk perawatan dan perbaikan,’’ katanya.
Ali Mufiz berharap masjid dan Islamic Center yang akan dibangun menjadi ikon Banyumas. ‘’Bagaimana caranya dibuat orang belum merasa datang ke Banyumas kalau belum singgah ke masjid dan Islamic Center Banyumas,’’ katanya.
Senada dengan Ali Mufiz, Sekretaris MAJT Drs KH Muhyiddin MAg juga menyarankan, agar unit usaha masjid dan Islamic Center disiapkan sejak awal. ‘’Kalau tidak punya sumber penghasilan yang tetap, pengurus akan kesulitan dan terbebani untuk perawatan dan perbaikan,’’ katanya.
Selain itu kualitas SDM di bidang ketakmiran juga harus dipersiapkan secara matang. Misalnya imam yang hafal Quran 30 juz, suaranya merdu dan indah, kebersihan yang terjaga dan lain-lain. Bangunan tersebut kemungkinan akan menghabiskan biaya Rp 50 miliar lebih.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

About Author

MAJT TV

Televisi Masjid Agung Jawa Tengah

Leave a Reply

Kategori

Testimonials

Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang menjadi momentum sejarah yang penting bagi masyarakat muslim Semarang. Momentum kembalinya banda wakaf tersebut menjadi titik klimaks perjuangan masyarakat muslim semarang dalam menyelesaikan masalah yang sebenarnya telah muncul sejak tahun 1980.Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang tersebut inilah yang menjadi latar belakang sejarah pendirian Masjid Agung Jawa Tengah.
DPP MAJTSAMBIREJO

Radio DAIS

031831
Users Today : 11
Users Yesterday : 48
This Month : 1272
This Year : 15513
Total Users : 21831
Views Today : 19
Total views : 52646
Who's Online : 1
Your IP Address : 18.232.146.10
Server Time : 2020-11-26
0 0