Pemimpin Komunitas Muslim New York Ini Akan Berceramah di Masjid Agung Jawa Tengah

  • 0

Pemimpin Komunitas Muslim New York Ini Akan Berceramah di Masjid Agung Jawa Tengah

HALAL

Shamsi Ali saat memberikan khotbah di pusat komunitas Jamaica Center, Queens, New York.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Dewan Pengurus Pengelola (DPP) Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menjalin kerja sama dengan komunitas masjid di New York, Amerika Serikat.

Kerja sama ini bertujuan mengembangkan jaringan dakwah dan memopulerkan Islam dalam perdamaian dunia.

Pada 11 Juli mendatang, imam besar masjid di New York, Shamsi Ali, akan datang ke MAJT atas undangan khusus Ketua Umum DPP MAJT Jateng KH Noor Ahmad.

Kedatangannya tak hanya menjalin kerja sama di bidang dakwah dan pengembangan masjid.

Shamsi Ali juga akan berceramah tentang perkembangan Islam dunia, khususnya tren yang terjadi di Amerika Serikat.

“Saya sengaja mengundang Dr Shamsi Ali agar pengalaman-pengalamannya dalam memimpin masjid-masjid di New York sekaligus sebagai pemimpin Islam dunia dapat menjadi inspirasi baru bagi pengembangan MAJT,” kata Noor Ahmad dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Selasa (4/7/2017).

Menurutnya, MAJT selama ini aktif dalam dalam menjalin kerja sama internasional di bidang agama dan budaya.

Adapun Shamsi Ali adalah pemimpin Jamaica Muslim Center yang merupakan komunitas muslim terbesar di New York.

Ia seorang tokoh yang dihormati di Amerika Serikat, pernah menjadi Imam di Islamic Center New York dan memimpin Komunitas Muslim New York.

Jabatan lain yang masih diemban adalah Presiden Muslim Foundation of America dan Ketua Parade Islam Internasional New York.

“Dia dikenal luas sebagai pelopor dialog antaragama di Amerika Serikat dan menjadi pengurus berbagai organisasi antaragama. Di antaranya Tanenbaum Center dan Federasi Timur Tengah untuk Perdamaian,” tutur Noor Ahmad.

Pada 2006, Imam Shamsi dinobatkan sebagai satu dari tujuh tokoh agama paling berpengaruh di kota New York oleh sebuah majalah yang terbit di kota itu.

Sejak peristiwa serangan teroris 11 September 2001, Imam Ali dikenal luas sebagai representasi wajah Islam moderat di dunia barat.

Shamsi Ali lahir di Bulukumba, Sumatra Selatan, pada 1967.

Dia menerima puluhan penghargaan dari berbagai institusi di Amerika dan dunia.

Di antaranya Ellis Island Honor Award pada 2009, penghargaan tertinggi dari pemerintah Amerika kepada imigran yang memberikan kontribusi signifikan bagi AS.

Dia juga pernah empat tahun berturut-berturut mulai 2009 terpilih sebagai satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia oleh Jordan Strategic Studies dan GeorgeTown University.

Pada 2015, Imam Shamsi juga menerima penghargaan MUI Award dari Majelis Ulama Indonesia di Bandung.

“Imam Ali telah menelusuri lima benua menyampaikan dakwah Islam maupun berbagai konferensi dan seminar. Termasuk di berbagai negara Eropa dalam membangun kerja sama antaragama,” katanya. (*)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Testimonials

Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang menjadi momentum sejarah yang penting bagi masyarakat muslim Semarang. Momentum kembalinya banda wakaf tersebut menjadi titik klimaks perjuangan masyarakat muslim semarang dalam menyelesaikan masalah yang sebenarnya telah muncul sejak tahun 1980.Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang tersebut inilah yang menjadi latar belakang sejarah pendirian Masjid Agung Jawa Tengah.
DPP MAJTSAMBIREJO

Radio DAIS

052168
Users Today : 15
Users Yesterday : 75
This Month : 403
This Year : 7353
Total Users : 42168
Views Today : 50
Total views : 99675
Who's Online : 1
Your IP Address : 3.238.72.180
Server Time : 2022-12-10
0 0