Puncak Peringatan Maulud MAJT

  • 0
DSC_5379

Puncak Peringatan Maulud MAJT

Meneladani Sikap Rasulullah dalam Kehidupan Sehari-hari
-Puncak Peringatan Maulud MAJT

GAYAMSARI – P Menghadirkan sikap dan prilaku yang dicontohkan Nabi Agung Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari umat Islam merupakan hal yang penting. Adanya sikap dan prilaku tersebut diharapkan mampu menjadikan manusia menjadi sebagai pijakan untuk berkasih sayang dan tidak saling mencela antar sesama. Hal itu yang disampaikan KH M Cholil Nafis, Lc, Ph.D saat menyampaikan tausyiah pada puncak peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw di Ruang Utama salat Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Jumat(8/12) malam.

Menurut KH M Cholil, memperingati maulid nabi adalah hal yang dianjurkan. “Memperingati maulud saja kadang kita tidak ingat sikap dan prilaku nabi, apalagi kalau tidak diperingati, maka akan semakin lupa,” tuturnya. Menurut KH M Cholil, Rasulullah Muhammad Saw sendiri memperingati hari kelahirannya. Hal itu terlihat dari setiap Senin, Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

KH Cholil Nafis juga mendorong, umat Islam selalu waspada dengan kabar yang tidak bisa dipertanggugjawab kan kebenarannya. Dia mengibaratkan lajur berita bohong yang bertebaran saat ini seperti peristiwa banjir bandang zaman Nabi Nuh.
“Saat ini banyak bertebaran berita hoax (bohong-red). Saking banyaknya seperti banjir bandang zaman Nabi Nuh AS,” katanya.

Menurut KH M Cholil, alat telekomunikasi berupa gadget memiliki pengaruh luar biasa bagi kehidupan manusia. “Meninggalkan handphone 7 menit saja, maka  akan merasa kehilangan. Ini yang harus dihindari,” katanya.

Tangkal Radikal

KH M Cholil mengatakan, memperingati Maulid Nabi Muhammad memiliki banyak manfaat. Selain sebagai suri tauladan, yang tidak kalah penting ialah sebagai penangkal faham radikal dan terorisme. “Artinya dengan peringataan maulid, umat Islam akan saling memberi kemanfaatan kepada sesama. Tidak mungkin bermanfaat bagi orang lain kalau tidak bertemu dengan orang lain,” katanya.

Sementara Gubernur Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Supriyono mengatakan, dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad, manusia harus bisa ramah kepada sesama manusia. Selain itu, Supriyanto mendorong masyarakat Jateng bergotong-royong bersama Pemrov Jateng dalam memerangi narkoba, intoleren, dan berita hoax. “Berita hoax (berita bohong-red) berpotensi memecah belah bangsa. Utamakan kesatuan dan persatuan bangsa,”.

MAJT mengecam Klaim atas Yerusalem

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) mengecam klaim sepihak pemerintahan Donald Trump atas klaim sepihak menjadikan kota Yerusalem ibukota Israel. Pernyataan ketua DPP MAJT Noor Achmad dalam sambutan pengajian maulid. Secara tegas umat islam dan masyarakat dunia akan menolak pemindahan kantor kedutaan Amerika ke kota Jerusalem yang merupakan ibukota Negara Palestina yang secara resmi telah diakui PBB.

Klaim dan pemindahan kedutaan amerika tersebut akan dapat memicu konflik perang dunia. Karena Yerusalem merupakan kota suci bagi tiga agama. Dari yang semula sentimen kebangsaan akan berubah menjadi sentimen kebencian atas nama agama.

Selain KH M Cholil Nafis dan Supriyanto, turut hadir di tengah-tengah acara, sejumlah pengurus MAJT seperti, Ketua Dewan Pengelola Pelaksana (DPP) MAJT, Dr KH Noor Akhmad, Sektretaris DPP MAJT, KH Muhyiddin, Wakil Ketua II DPP MAJT, KH Hanif Ismail, KH Adnan, KH Dr Abu Hafsin, KH Dr Akhmad Izzudin serta masih banyak yang lain


Leave a Reply

Testimonials

MAJT
Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang menjadi momentum sejarah yang penting bagi masyarakat muslim Semarang. Momentum kembalinya banda wakaf tersebut menjadi titik klimaks perjuangan masyarakat muslim semarang dalam menyelesaikan masalah yang sebenarnya telah muncul sejak tahun 1980.Kembalinya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang tersebut inilah yang menjadi latar belakang sejarah pendirian Masjid Agung Jawa Tengah.
DPP MAJTSAMBIREJO

Radio DAIS

Categories

0 0 0